Sabtu, 14 Mei 2011

Communicating junctions (pertautan penghubung)

Pertautan celah yang disebut juga neksus, terdapat pada hampir semua sel jaringan hewan. Pada mikrograf elektron transmisi terlihat sebagai bercak-bercak. Selaput sel dari sel-sel yang berdampingan dipisahkan oleh celah yang sangat sempit, berukuran sekitar 3 nm (Reksoatmodjo, 1993).

Terdapat dua peranan pertautan celah di dalam suatu jaringan yaitu: 1. sebagai perekat antar sel dan 2. sebagai penghubung langsung antar sel. Pertautan celah ini berperan sebagai jalan permeabilitas berbagai macam molekul antara sel-sel yang berlekatan. Terdapat dua macam permeabilitas yaitu perangkai metabolik dan perangkai ionik atau elektronik (Reksoatmodjo, 1993).

Permeabilitas pertautan celah ini dipengaruhi oleh io Ca2+ di dalam sel. Bika kadar ion Ca2+ di dalam sel tinggi hubungan antar sel pada pertautan celah tertutup, dan akan terbuka kembali bila kadar Ca2+ kembali ke keadaan normal. Diduga ion Ca2+ mengubah susunan molekul-molekul koneksin pada konekson (Reksoatmodjo, 1993).

Dengan adanya dinding sel, sulit bagi sel tumbuhan untuk mengadakan hubungan dan pembagian zat-zat makanan. Namun demikian, sel-sel tumbuhan tetap dapat berhubungan. Hubungan ini dilakukan lewat saluran-saluran terbuka berdiameter 20 sampai 40 nm, yang disebut plasmodesma. Di tengah-tengah palsmodesma terdapat saluran lain yang lebih sempit disebut desmotubula yang merupakan kelanjutan dari RE. Di sekeliling desmotubula terdapat sitosol dari sel-sel yang bertetangga. Plasmodesma ini mulai terbentuk pada saat sel membelah (Reksoatmodjo, 1993).

Perbedaan antar sel hewan dan sel tumbuhan antara lain:

Perbedaan

Sel Hewan

Sel Tumbuhan

Dinding sel

Tidak ada

Ada

Plastida

Tidak ada

Ada

Vakuola

Banyak, dan kecil-kecil

Satu, dan besar sampai 90% dari volume sel

Glioksisom

Tidak ada

Ada

Bentuk

Bundar

Bersegi

Sentriol

Selalu ada

Hanya ada di tumbuhan tingkat rendah

Lisosom

Terjadi di sitoplasma

Biasanya tidak jelas

Membran plasma

Hanya membran sel

Membran sel & dinding sel

Kloroplas

Tidak punya

Punya

Persamaan antara sel hewan dan sel tumbuhan adalah sama-sama mempunyai mekanisme pertautan antar sel sebagai suatu bentuk hubungan antara sel satu dengan sel yang lain. Selain itu juga sama-sama memiliki membran sel sebagai pelindung sel, pengatur keluar masuknya zat dari dan ke dalam sel, RE yang berfungsi untuk menyusun dan menyalurkan zat-zat ke dalam sel, mitokondria yang berfungsi sebagai penghasil energi, badan golgi atau diktiosom yang terlibat dalam sekresi gula, polisakarida, dan kompleks protein polisakarida, ribosom yang berfungsi untuk sintesis protein, sitoplasma sebagai tempat berlangsungnya metabolisme sel, nukleus sebagai pusat pengatur kegiatan sel, dan vakuola sebagai tempat cadangan makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar